SEJARAH SMAN 1 CIRUAS

SMA Negeri 1 Ciruas berdiri tahun 1984 bertempat menumpang di SMPN 1 Ciruas, pedih memang pada awal-awal tahun ini sampai beberapa bulan belajar memakai lampu petromak, Alhamdulillah pada tahun berikutnya SMA Negeri 1 Ciruas yang juga diisukan sebagai SMA 3 Serang telah mempunyai bangunan sendiri dikawasan yang sangat strategis karena berada di Jalan Raya Jakarta Km.9,5 Serang, tepatnya dikampung Kuaron Ds.Citerep Kec.Ciruas.

Bapak Sumarna Miharja, B.A (Alm), beserta jajarannya terus menata dan membenahi diri dan mampu memimpin SMA Negeri 1 Ciruas sampai 1989, decade berikutnya Bapak Sumarna yang demikian tegas dengan berat hati beralih tugas ke SMAN 2 Kota Serang (SMAN 1 Cipocok Jaya red). Pimpinan SMA Negeri 1 Ciruas dipegang oleh Bapak Hasanuddin, B.A banyak sudah keberhasilan yang dicapai dibawah pimpinan beliau, akhirnya setelah 5 tahun sudah tepatnya 1994, beliau dialih tugaskan ke SMAN 1 Serang. Selanjutnya SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh bapak Drs. Nana sampai tahun 1966. Pada masa ini SMA Negeri 1 Ciruas lebih santai tapi serius dan yang perlu dicatat SMA Negeri 1 Ciruas mulai memperlihatkan jati dirinya sebagai salah satu sekolah yang perlu diperhitungkan dikawasan Serang.

Era selanjutnya SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh bapak Drs. Azis Haidiri, beliau sangat tegas dan disiplin dalam memimpin SMA Negeri 1 Ciruas, dan pada tanggal 16 Februari 2004 di Kabupaten Serang terjadi rotasi kepala sekolah dan sekarang SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh bapak Rahyat Supiadi, dimasa kepemimpinan beliau banyak sekali perubahan-perubahan terutama dalam kebersihan. Penghijauan di lingkungan sekolah dan sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar, pada tanggal 1 Juni 2006 Bapak Rahyat Supriadi berakhir masa tugasnya (Purnabakti/ pension red) dan SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh Bapak Deni Arif Hidayat, S.Pd, M.Pd Bapak Deny Arief Hidayat tidak lama di SMA Negeri 1 Ciruas hanya 8 bulan saja tapi pengaruhnya sangat Dan selanjutnya SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh Bapak Drs. Suparman Hakim (alm) sejak awal Tahun Pelajaran Baru 2007/2008 SMA Negeri 1 Ciruas. Semua rintangan rasanya lebih ringan dari tahun ke-tahun, tapi didepan telah ditunggu tantangan yang lebih besar. Namun Sang Khaliq berkata lain Dia lebih dahulu memanggilnya sebelum mencapai impiannya untuk memajukan SMA Negeri 1 Ciruas. Lalu SMA Negeri 1 Ciruas ini di pimpin oleh Drs. H Satal Mawardi, M.Pd. selama kurun waktu kurang lebih 2 tahun. Namun Sang Pencipta berkehendak lain, Dia lebih dahulu memanggilnya sebelum menuntaskan tugasnya untuk memimpin sekolah ini. Dan pada tahun ajaran 2013/2014 SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh Kepala Sekolah baru yang lebih muda dan tegas yaitu Bapak Mohamad Najih, M.Pd dengan kepimimpinan Beliau sekolah ini jauh lebih baik lagi dari sebelumnya dan menjadi sekolah favorit di Provinsi Banten bahkan Nasional.

Era baru dengan kepemimpinan bapak Yanto S.Pd., M.M dimulai pada Oktober 2020, semoga dengan adanya figur pemimpin baru di SMAN 1 Ciruas, dapat membawa semangat dan inovasi baru pada sekolah ini menuju ke arah yang lebih baik lagi.  

Untuk itu SMA Negeri 1 Ciruas telah menata diri untuk lebih maju dan mampu bersaing dengan almamater lain dikawasan Provinsi Banten. Lulusannya telah banyak dan mampu memasuki dunia perguruan tinggi baik negeri maupun swasta begitupun dibidang usaha.Siswa-siswi yang sekarang belajar di SMA Negeri 1 Ciruas terus gigih berjuang dan berdisiplin, misalnya saja. Kegarangan Tapak Guriang yang mampu menaklukan beberapa gunung yang ada di Pulau Jawa, Bali, Lombok, PTI yang mulai mapan, Teater Lamac yang telah mengangkat SMA Negeri 1 Ciruas dikalangan pemerhati seni di Serang dan mampu menunjukan sebagai salah satu kelompok teater yang mampu bertahan sampai hari ini dan banyak lagi memang seperti ROHIS, Pramuka, PMR, Mading, Paskibra, dll. yang juga turut menunjang kepada tingkat keberhasilan sekolah secara umum. Dibidang akademik patut juga dibanggakan, mengapa tidak ? Peningkatan UN Lulusan kelas 12 dari tahun ke tahun terus meningkat begitupun pendaftaran SNMPTN tak pernah surut. Peminat SMA Negeri 1 Ciruas juga terus menunjukan peningkatan yang berarti.

“JANGAN MEMBIASAKAN SIFAT MALAS MEMBACA mulai SAAT ini JUGA”